Welcome to My Blog!

Enjoy Reading!
Follow Me

Keindahan Objek Wisata Pulau Senua, Natuna



By  Unknown     10/02/2014    Labels:,,,,,,, 
Mutiara di ujung utara, itulah sebutan untuk keindahan alam Natuna, Natuna memiliki banyak daya tarik wisata yang luar biasa indah dan juga menakjubkan, selain keindahan pantai dan jernihnya air laut yang masih terawat dan terjaga keasriannya, di baliknya Natuna juga menyimpan potensi alam luar biasa.



Natuna memang jauh dari hiruk pikuk seperti di kota-kota besar, meskipun begitu disinilah letak keistimewaannya karena tempat yang sunyi dan damai pasti dicari oleh orang-orang yang sudah lelah dan bosan dengan kehidupan perkotaan dan ingin berlibur kesuatu tempat yang menawarkan ketenangan, kesunyian dan kedamaian, maka pilihannya haruslah Natuna.

Kenapa tidak, Natuna adalah pulau yang letak jauhnya paling utara negara kesatuan Indonesia, sekelilingnya di kelilingi oleh lautan luas yakni laut china selatan. Selain karena faktor jauh dari kota-kota besar penduduk Natuna juga cinta damai, disini kriminalitas bisa di sebut minim terjadi tiap tahunnya.

Pantai pulau Senua

 

Nah! Bahas soal wisata yang ada di Natuna, kini penulis akan membahas salah satu objek wisata yang patut di kunjungi bila berkunjung ke Natuna, diantaranya yaitu Pulau senoa/senua, masyarakat Natuna menyebutnya dengan pulau senue, atau senuou yaitu dengan dialeg khas bahasa melayu Natuna.

Pulau ini letaknya dekat dengan ibu kota Ranai, tepatnya di Desa Sepempang. Dari kota Ranai ke Sepempang menempuh perjalanan darat kurang lebih 15 menit menggunakan kendaraan roda dua/roda empat. Untuk menuju ke pulau Senua anda bisa menyewa perahu atau juga masyarakat setempat menyebutnya dengan "pompong" yang berada di pelabuhan Teluk Baruk, Desa Sepempang.

Pompong di pelabuhan Teluk Baruk



Perahu atau pompong bisa di sewa dengan jumlah rombongan terdiri dari 15 orang atau lebih biasa di kenakan biaya rp.250.000,- untuk pp/pulang pergi,  namun tidak usah khawatir jika anda hanya berwisata sendiri ke pulau Senua anda tetap bisa menyewa pompong yang hanya di kenakan biaya rp.20.000 perorang.


berlabuh di pulau senua



Anda mungkin akan heran ketika mendengar ada pantangan atau larangan ketika berpergian ke pulau Senua, karena wajar saat ini masih banyak masyarakat Natuna masih mempertahan kepercayaan tersebut dan senantiasa menaati semua larangan yang dari sejak dahulu sudah ada. Misalnya saja ketika ada larangan untuk berkata kasar, bicara kotor atau mengumpat atau semacamnya ketika dalam perjalanan pergi maupun pulang, hal ini semata dilakukan agar kita tetap menjaga tata krama dan sopan santun saat dimanapun kita berada.
 
Dan di antara kisah-kisah lainnya tentang pulau Senua pasti anda tertarik tentang kisahnya yang satu ini yakni mengapa warga atau masyarakat setempat menyebut pulau senua dengan pulau wanita hamil yang tampak sedang berbaring?!

Yaa.. memang jika di lihat bentuk sosok dari pulau ini memang mirip dengan perempuan yang sedang hamil dalam keadaan berbaring, tapi tahukah kisah sebenarnya mengapa bisa seperti demikian.









Silahkan juga baca  CERITA MITOS PULAU SENUA 


Pulau senua selain dikenal dengan mitosnya,  ia juga terkenal karena terdapat gua tempat bersarangnya burung walet yang terletak di bagian kepala pulau,di bagian kepala pulau area sarang walet dapat di telusuri namun untuk masuk kedalamnya mungkin harus menggunakan perahu kecil agar bisa masuk kedalam.
  Nah! jika sempat berkunjung ke pulau senua jangan lupa untuk ke gua sarang walet yang tertak di kepala pulau.
area sarang walet



Selain terdapat sarang walet pantai senua juga merupakan tempat yang sering di datangi oleh penyu-penyu untuk bertelur setiap tahunnya.


Pemandangan rumah pondok di pulau senua

Pemandangan Gunung Ranai dari Pulau Senua




Pulau kecil yang terletak di belakang pulau Senua



Jika memiliki waktu berkunjung yang cukup panjang anda harus mempertimbangkan untuk pergi menyusuri ke area belakang pulau, yakni hanya menyusuri garis pantai putih yang memanjang ke area belakang pulau dan sehingga kemudian anda akan menemukan sebuah pulau kecil di sana, yakni pulau kecil berbatu yang memiliki sebuah tower kecil di atasnya, disini juga terdapat tanda patok daerah perbatasan pulau terdepan/terluar NKRI, pemandangan dari atas pulau kecil ini sangat indah mempesona selain kita bisa memandang luasnya laut china selatan dari ketinggian -+100m, kita juga bisa melihat Gunung Ranai dan daratan utama atau pulau Natuna besar dari pulau kecil ini. Disini anda juga bisa mendapatkan objek photo yang bagus dan tentunya bisa selfie-selfie. :D






Di pulau Senua tentu anda bisa menikmati semua keindahan alam yang di tawarkan, seperti kejernihan air lautnya dan juga pasir putihnya, yang senantiasa memanjakan mata anda dan bahkan saat ketika anda setiba di pualau ini. Dan selain menikmati pemandangan anda mungkin akan tertarik untuk melakukan snorkeling di daerah pulau Senua, karena terumbu karang di dekat pulau masih sangat terawat dan terjaga keindahannya, maka akan rugi rasanya bila anda tidak menyempatkan waktu untuk bersnorkeling ria sebentar menikamati keindahan alam bawah laut Senua.





Dan perlu di ingat jika anda berkunjung ke pulau Senua dan hendak melakukan aktifitas snorkeling di pulau ini maka hendaklah membawa perlengkapan sendiri, maklum pulau ini adalah pulau kosong tanpa berpenghuni dan maklum juga jika disini tidak ada tempat penyewaan baju renang maupun perlengkapan menyelam yang bisa anda sewakan.

 



Dan itu saja postingan saya kali ini, semoga memberi manfaat dan jangan lupa baca juga artikel lainnya.. terimakasih.... !!











About Unknown

Saya lahir dan besar di sebuah pulau kecil terisolir di ujung utara Negara Kesatuan Indonesia, yakni pulau Natuna.

1 comment:

  1. damascus titanium - Tiagen, Russia - TITanium Art
    Imported titanium frame glasses by TITanium Art, titanium razor it can be used for painting, decoration or even decoration decoration. It titanium post earrings is trekz titanium pairing a versatile material that titanium chords can be used

    ReplyDelete